6 Hal Yang Mungkin Anda Tidak Tahu Tentang Mahatma Gandhi


Pada tanggal 30 Januari 1948, Mohandas Karamchand Gandhi atau yang lebih akrab dngan sapaan Gandhi adalah seorang pemimpin gerakan nasionalis India dan menjadi dikenal di seluruh dunia untuk filsafat perlawanan tanpa kekerasan, gandhi dibunuh pada usia 78. Dia ditembak mati di New Delhi oleh seorang ekstremis Hindu lima bulan setelah India merdeka dari penjajahan Inggris. Hari ini, 65 tahun setelah kematiannya, kami mendapatkan beberapa fakta menarik tentang orang disebut sebagai Mahatma ("jiwa agung") dari negaranya. berikut adalah 6 Hal Yang Mungkin Anda Tidak Tahu Tentang Mahatma Gandhi :

1. Mahatma Gandhi Menika dalam usia Belia
Pada umu 13 tahun, Gandhi, yang ayahnya yang seorang "diwan," atau menteri, dari negara-negara pangeran kecil di India barat, wed Kasturba Makanji (1.869-1.944), kemudian dia dijodohkan dengan seorang remaja putri pedagang. Gandhi telah bertunangan dengan Kasturba sejak ia berusia tujuh tahun. Pasangan ini kemudian memiliki empat anak laki-laki. Bahkan ketika Gandhi mengambil sumpah selibat pada tahun 1906 karena alasan spiritualitas, disiplin diri dan komitmen untuk pelayanan publik, istrinya tetap menikah dengan dia sampai kematiannya pada usia 74. Dia meninggal di Istana Aga Khan di masa kini-hari Pune, India, di mana Gandhi telah diasingkan oleh Inggris sejak 1942 karena aktifitas politik mereka.

2. Gandhi memulai kariernya sebagai aktivis di Afrika Selatan, bukan India.
Pada 1888, Gandhi meninggalkan India untuk belajar hukum di London, Inggris. Ketika ia kembali ke tanah airnya pada tahun 1891, ia mengalami kesulitan mencari pekerjaan sebagai pengacara, sehingga pada tahun 1893 ia melakukan perjalanan ke Afrika Selatan, di mana sebuah perusahaan India telah memberinya kontrak satu tahun untuk melakukan pekerjaan hukum. Di Afrika Selatan, yang kemudian di bawah kendali Inggris dan Belanda (dikenal sebagai Boer), ia, seperti India lain ada, mengalami diskriminasi sering. Penganiayaan ini mendorong Gandhi untuk memulai kampanye untuk hak-hak sipil dari India di Afrika Selatan, dan ia akhirnya mengembangkan konsep "satyagraha" ("ketegasan dalam kebenaran"), atau perlawanan tanpa kekerasan. Meskipun ditangkap dan dipenjarakan beberapa kali, Gandhi tetap di Afrika Selatan sampai 1914. Setelah itu, ia kembali ke India, di mana ia menjadi tokoh transformatif dan memimpin gerakan aksi tanpa kekerasan sosial untuk kemerdekaan tanah airnya itu.

3. Gandhi dibunuh oleh sesama Hindu.
Sambil berjalan ke pertemuan doa di New Delhi pada malam tanggal 30 Januari 1948, Gandhi ditembak tiga kali dari jarak dekat oleh Godse Nathuram nasionalis Hindu. Penembak menyalahkan Gandhi untuk pergi bersama dengan rencana 1947 bahwa dipartisi British India sepanjang garis agama menjadi dua negara merdeka baru: Hindu-didominasi India dan Pakistan yang didominasi Muslim. (Bahkan, Gandhi telah menentang partisi, namun kemudian menyatakan: "... Partisi buruk Tapi apa pun adalah masa lalu adalah masa lalu Kita hanya perlu melihat ke masa depan") Setelah partisi, kerusuhan pecah di seluruh India antara Hindu dan Muslim , dan Godse marah karena panggilan Gandhi untuk mengakhiri pertumpahan darah dan percaya ikon pasifis yang menjadi kaki tangan kaum Muslim. Godse dengan cepat ditangkap setelah pembunuhan Gandhi, dan pada bulan November 1949 ia dan rekan-konspirator digantung atas kejahatan mereka. Kelompok lain dari orang-orang yang terlibat dalam plot, termasuk saudara Godse, menerima hukuman penjara.

4. Gandhi adalah seorang pencinta damai, tetapi tidak pernah memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian.
Gandhi dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1937,, 1938 1939 dan 1947, tetapi tidak pernah menerima penghargaan, yang pertama kali dibagikan pada tahun 1901. Dia juga dinominasikan pada tahun 1948, tahun dia dibunuh, namun komite Nobel memilih untuk tidak memberikan dia dengan penghargaan anumerta. Sebaliknya, panitia mengumumkan "tidak ada calon yang cocok hidup" tahun itu dan pemenang tidak bernama. Amerika hak-hak sipil pemimpin Martin Luther King Jr, tahun 1964 pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, mengakui pekerjaan Gandhi dalam pidato penerimaannya, dan pemenang Nobel tahun 1989, Dalai Lama ke-14, yang disebut penghargaan itu merupakan penghargaan untuk "mentor saya, Mahatma Gandhi. "Pada tahun 2006, komite Nobel publik menyatakan penyesalannya bahwa Gandhi tidak pernah diberikan hadiah.

5. Gandhi mungkin tidak akan dipilih sebagai Orang tersukses membawa peramaian
Ketika Gandhi tumbuh dewasa, beberapa orang akan sudah diprediksi dia suatu hari menarik jutaan pengikut, dianggap sebagai bapak bangsa dan bahkan muncul dalam Apple "Think Different" kampanye iklan di akhir 1990-an. Bahkan, sebagai anak laki-laki, Gandhi adalah seorang mahasiswa menengah dan sangat pemalu. Dia bahkan menggambarkan berjalan pulang dari sekolah sehingga dia tidak harus berbicara dengan siapa pun.

6. Mohandas dan Indira tidak berhubungan.
Meskipun berbagi nama belakang, Mohandas Gandhi dan Indira Gandhi (1917-1984), perdana menteri India 1966-1977 dan 1980 hingga 1984, tidak kerabat. Indira Gandhi adalah putri dari Jawaharlal Nehru (1889-1964), perdana menteri pertama India merdeka, dari tahun 1947 sampai kematiannya. Setelah Indira Gandhi dibunuh oleh dua pengawalnya Sikh, ia berhasil sebagai perdana menteri oleh putranya Rajiv (1944-1991), yang bertugas di posisi sampai 1989. Dia juga dibunuh, dalam pemboman bunuh diri disalahkan pada kelompok teroris dari Sri Lanka. Dalam kelanjutan dari dinasti politik keluarga, anak Rajiv Gandhi Rahul (1970 -), yang dihadiri Harvard University dan Florida Rollins College, diharapkan dapat menjadi calon perdana menteri pada tahun 2014.

0 komentar:

Post a Comment