Seleksi dan Metodenya dalam pemuliaan


Kembali keasal. seperti itulah gambarannya, setelah selama ini postingan saya selalu berbau dengan yang bersifat kekanak-kanakan "hahhahaha" sekarang saya mau posting lagi sebuah artikel hasil tugas dari dosen saya yaitu Seleksi dan Metodenya dalam pemuliaan. Berikut ini adalah pengertian Seleksi dari beberapa sumber dilanjutkan dengan metodenya dalam pemuliaan ternak

Seleksi adalah kegiatan untuk membuat keputusan tentang ternak, berdasarkan informasi yang masuk (didapatkan). Dalam hal ini peternak harus mulai pertimbangan nilai-biak (breeding value) dari ternak tersebut. Di dalam suatu usaha pembiakan (breeding program) yang harus dipermasalahkan sebenarnya adalah nilai genetic dari hasil karyanya.(http://catatankuliah-heri.blogspot.com/)

Seleksi merupakan suatu proses dimana individu-individu tertentu dalam suatu populasi dipilih dan diternakkan untuk tujuan produksi yang lebih baik (segi kuantitas dan kualitas) pada generasi selanjutnya. Seleksi merupakan dasar utama dalam pemuliaan ternak.  Akibat seleksi dalam populasi adalah meningkatnya rataan dalam suatu sifat ke arah yang lebih baik dan diikuti oleh peningkatan keseragaman atau dengan perkataan lain penurunan keragaman atau simpangan baku.(http://mrzaen.wordpress.com/)


Kita mengenal 3 macam metoda seleksi yaitu :
1) Seleksi tandem
2) Seleksi batasan silsilah bebas (independent culling levels).
3) Seleksi indeks
Sumber : http://catatankuliah-heri.blogspot.com/